Perpanjang Passport

Baru-baru ini aku perpanjang pasport di kantor imigrasi Jakarta Pusat.  Setelah berputar-putar sedikit di daerah Kemayoran karena nyasar, akhirnya ketemu juga tuh kantor yang letaknya sedikit nyempil lokasinya.

Sekali berdiri di depan gedung sudah terasa banget  ciri khas Indonesianya – banyak calo-calo passport berdiri di depan pintu. Lalu waktu masuk ke dalam, ciri khas Indonesia semakin kental. Satu orang / keluarga yang mengurus passport selalu ada “pendamping”-nya. Aku juga sama sih, sekali masuk ke dalam gedung langsung aku cari “pendamping”-ku melalui karunia teknologi masa kini alias handphone.  Sedih juga sih, aku selalu merasa kesal melihat banyak jasa percaloan ini. Tapi aku sendiri  juga termasuk salah satu konsumen pemakai jasa calo ini. Aku malas mengurus sendiri. Padahal waktu jaman kuliah di negara tetangga dulu, aku bisa dengan sabar mengantri seharian di konsulat Indonesia atau di imigrasi untuk perpanjang visa.

Kembali ke topik awal, intinya dengan pertolongan “pendamping” ini tidak sampai lima menit kemudian aku sudah siap untuk difoto dan diambil sidik jari. Lalu lima menit setelah itu aku wawancara passport. Bagian ini sih biasanya untuk ngecek kelengkapan dokumen yang diwajibkan, harus bawa dokumen asli buat dicocokan dengan berkas-berkas fotokopian yang sudah diberikan sebelumnya. Kalau bisa dokumen harus lengkap, karena jika tidak passport bisa lebih lama jadinya.

Dokumen-dokumen yang harus disiapin untuk perpanjang passport:

1. KTP

2. Kartu keluarga

3. Akte Lahir

4. SBKRI bagi yang punya.

5. Surat pengantar dari perusahaan kalau di Kartu Keluarga ditulis sebagai karyawan. Kalau tidak punya bisa buat surat pernyataan sedang tidak bekerja dan tanda tangan dengan materai.

(Note: dokumen itu wajib dibawa aslinya waktu foto passport sekalian wawancara).

Leave a Reply

