Teliti sebelum membeli

Beberapa tahun yang lalu kakak saya membeli celana panjang pada salah satu gerai pakaian yang cukup terkenal di ibukota. Sekilas tidak ada yang salah dengan celana tersebut. Celana panjang itu rapi buatannya dan sangat nyaman dipakai. Hanya saja warna celana itu sama dengan seragam murid SMU di Indonesia alias abu-abu. Menurut kakak, dia sama sekali tidak menyadari bahwa warna asli celana itu abu-abu warna seragam SMU – kakakku tidak buta warna menurut test kesehatan dulu🙂 . Mungkin karena pengaruh lampu-lampu di tempat ia membeli dulu jadi celana itu tampak seperti berwarna coklat atau hitam.

Celana panjang abu-abu itu mengingatkanku bahwa dosa juga sama. Dengan lampu-lampu berbeda dan penerangan dari sudut berbeda, dosa juga bisa tampak “indah”. Ketika selingkuh bernama “teman tapi mesra” alias TTM rasanya sudah tidak melakukan dosa karena hanya berteman. Ketika berbohong dilakukan dengan alasan untuk kebaikan alias bohong putih. Ketika premarital sex dianggap sebagai penjajakan. Ketika tukar pasangan dianggap selingan dalam kehidupan berumah tangga, dan ketika … ketika yang lain.

Padahal kalau semua itu kita bawa ketempat yang terang dengan sinar-sinar lampu yang tidak menipu wujudnya tetap dosa. TTM adalah selingkuh, bohong putih adalah bohong, premarital sex adalah zina, dan masih banyak lagi. Dosa adalah dosa apapun juga istilahnya. Sama dengan celana abu-abu, warnanya adalah abu-abu setelah keluar dari counter. Dan itu adalah fakta.

Sama halnya dengan kakakku yang sekarang teliti sebelum berbelanja pakaian dan ia akan mengamati warna lampu sebelum dicoba, aku juga berusaha agar dapat teliti sebelum bertindak agar dapat melihat warna asli dari dosa itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s