Graduation Day

Today you have reached

a major milestone in your life

and warm congratulations

are extended to you ….

Reaching this milestone

has taken hard work,

discipline, and commitment

and these are tools

that will equip you

In the new challenges

you now face

Congratulations

on a job well done!!!

(taken from graduation card)

A tribute to my sister

Aku ingat, matematika adalah mimpi buruk untuk adikku. Sejak mulai belajar berhitung 1, 2, 3, … hingga smp. Matematika adalah mimpi buruk bagi kami yang harus membantu adikku belajar.

Aku ingat, ketika kakak dan aku bersaing untuk posisi 3 besar setiap kenaikan kelas, kami sudah cukup puas jika adikku naik kelas tanpa nilai merah di raport.

Aku ingat, ketika adik mau kuliah akuntansi di atmajaya, hampir semua orang menentang. Sukar lulus. Ada yang menjadi gila karena tidak juga lulus. Tidak mampu untuk kuliah di atma karena adik tidak mampu matematika.

Aku ingat, adik tetap teguh dengan pilihannya walaupun ia harus menjalani sambil merangkak dan tertatih-tatih. Ia percaya pada Tuhan … (walaupun terkadang ngambek dengan Tuhan juga)

Aku ingat, ketika adik kesulitan dengan skripsinya karena dosen yang antik, seorang kerabat membanggakan anaknya yang tinggal menunggu wisuda dan mulai menyesalkan pilihan universitas adikku.

Tapi hari ini, aku ingat, bahwa adik membuktikan bahwa semua ucapan manusia itu salah. Tuhanlah yang benar dan berkuasa. Hari ini, adik di wisuda cum laude SE setelah 4 tahun kuliah.

Aku ingat, hari ini adik membuktikan bahwa bagi Tuhan tidak ada satupu yang mustahil. Congratulation Dear Sister …. Love You.

The ceremony

Menurutku, tongkat yang digunakan mirip dengan tongkat Pendeta Tong dalam cerita Sun Go Kong. Tapi menurut adik, tongkat itu lebih mirip tongkat yang dibawa pastor ketika prosesi masuk ke gereja tanda misa dimulai. Perbedaan persepsi … yang penting adalah kegunaan. Tongkat itu dipakai untuk menandakan satu proses sudah selesai.

Tapi salut untuk Atmajaya yang mengatur jalannya prosesi kelulusan seperti gereja Katholik mengatur misa. Calon wisudawan/wati maju ke depan berbaris dengan teratur seperti layaknya mengantri untuk komuni ekarisiti. Dengan para usher yang sigap membantu dan mengatur barisan sehingga tidak terlalu sesak.

What a small world we live here (1)

Aku adalah tamu gelap. Para calon sarjana hanya diperbolehkan membawa 2 tamu, quota ini segera penuh dengan papa dan mama. Tapi aku tetap berhasil menyelinap masuk ke ruang acara. Masakan sie dokumentasi tidak mengikuti jalannya acara?

Di dalam ruangan aku berhasil mendapat beberapa foto. Lalu aku pindah untuk mendapatkan foto dari sudut lain. Tiba-tiba ada yang memanggilku. Aku menoleh ke belakang dan melihat yang siapa yang memanggilku. Ternyata teman dari kantor yang sudah keluar.

What a small world we live here (2)

Akhirnya pukul 2 siang, acara selesai. Kami bergegas keluar ruangan (karena perut sudah lapar). Dari belakang ada yang memanggil adik. “Nene”. Dan adegan selanjutnya bisa ditebak, tawa-tawa dan foto-foto gembira sarjana yang baru dilantik.

Setelah selesai, teman menunggu ibu dan neneknya sedangkan adik menghampiriku dan berbisik. “Itu yang satu team waktu skripsi dulu”.

Aku ingat, ketika skripsi, adik harus selalu bersama dengan teman satu timnya menghadap dosen walaupun skripsi dibuat secara individual. Salah satu teman satu timnya sering mempunyai alasan tidak bisa ketika mau bertemu dosen. Belum lagi skripsinya yang sering dikoreksi dan tidak maju-maju.

Tapi … ooppss…

Ketika ibu dan nenek teman adik keluar ….

Ternyata mereka berdua adalah kenalan papa dan mama. Sama-sama dari Lampung.

Malam hari papa bercerita.

Dulu kakek teman adik sering membantu papa ketika papa baru mulai merintis usaha dulu. Kakeknya sangat baik. Dia bertindak sebagai atasan, tutor, dan guru bagi papa.

Sekarang ternyata cucu kakek itulah yang dibantu adik ketika skripsi.

Ini adalah hukum tabur tuai pertama yang aku tahu.

Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Galatia 6:7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s