Dua Bentuk Corporate Account

Corporate Account adalah sistem keanggotaan frequent flyer program yang diperuntukkan untuk perusahaan-perusahaan dari yang berskala kecil hingga besar. Pada umumnya Corporate Account merupakan product brand tersendiri yang terpisah dari keanggotaan untuk individual (Private Account).

Berbeda dengan Private Account yang keanggotaannya dibatasi lebih berdasarkan kriteria umur atau lainnya, keanggotaan Corporate Account sering kali dibatasi berdasarkan jenis perusahaan. Misalnya travel agent tidak diperbolehkan menjadi anggota Corporate Account. Selain itu, bentuk keanggotaan Corporate Account juga dapat dibedakan menjadi dua macam.

Corporate Account berdasarkan revenue

Corporate Account ini lebih diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan berskala besar dengan nilai harga pembelian tiket mencapai xxx. Perusahaan terdaftar akan diberikan kode khusus yang harus selalu digunakan setiap kali reservasi. Selain itu, juga ada kontrak yang wajib ditandatangani oleh kedua belah pihak (Airline dan perusahaan) mengenai lama kerjasama, syarat-syarat kerjasama, besarnya potongan harga yang diberikan kepada perusahaan, dan lain-lain.

Keuntungan untuk perusahaan

Keuntungan yang diberikan bagi perusahaan adalah harga tiket yang lebih rendah dari harga tiket biasa. Pada beberapa airline, untuk mendorong perusahaan agar lebih loyal lagi, maka diberikan target revenue yang harus dicapai. Potongan harga tiket yang diberikan akan semakin besar jika pencapaian revenue semakin tinggi. Tidak ada sanksi yang diberikan jika perusahaan tidak dapat mencapai target revenue.

Keuntungan untuk airline

Airline dapat mengadakan Corporate Account ini tanpa harus berinvestasi besar untuk pengadaan aplikasi. Jika keanggotaan Corporate Account masih sedikit, pengadaan operational secara manual masih memungkinkan. Disamping itu, keanggotaan Corporate Account ini juga mungkin diadakan tanpa harus memiliki sistem keanggotaan untuk Private Account.

Pengembangan Aplikasi

Dengan semakin berkembangnya teknologi, ada baiknya bagi airline untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan kemudahan bagi anggota Corporate Account. Aplikasi tersebut harus mencakup:

  1. akses aplikasi yang mudah baik oleh perusahaan (misalnya melalui web)
  2. pencatatan profile perusahaan (termasuk didalamnya contact person, alamat dan data-data lainnya)
  3. reservasi dan pembelian tiket melalui web langsung oleh perusahaan
  4. pembatalan reservasi dan pembelian tiket.
  5. system pembayaran dan tagihan
  6. bila memungkinkan reservasi atau pembelian dengan pihak ketiga (misalnya hotel, kendaraan atau lainnya) untuk memudahkan perusahaan mengatur perjalanan dinas karyawannya
  7. report untuk billing
  8. report untuk mengetahui perjalanan dinas karyawan perusahaan tersebut.

Corporate Account berdasarkan point

Corporate Account ini diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan berskala kecil hingga sedang. Pada umumnya, Corporate Account merupakan pengembangan product (dengan branding berbeda) dari Private Account yang sudah lebih dulu diadakan oleh airline.

Sistem Corporate Account ini hampir sama dengan Private Account dimana perusahaan dapat mengumpulkan points berdasarkan penerbangan yang dilakukan oleh karyawannya. Points dapat dikumpulkan dengan beberapa cara, diantaranya:

  1. melalui jarak dan kelas penerbangan
  2. melalui harga tiket yang dibeli
  3. melalui zone rute penerbangan.

Points yang berhasil dikumpulkan kemudian dapat ditukarkan dengan penerbangan gratis, upgrade kelas penerbangan, atau voucher hotel dan sebagainya.

Keuntungan untuk perusahaan

Keuntungan yang diberikan untuk perusahaan adalah points yang dikumpulkan dapat berfungsi seperti “tabungan” yang dapat ditukar dengan penerbangan gratis untuk perjalanan dinas karyawan atau insentif liburan bagi karyawan. Bahkan untuk beberapa airline, karyawan tetap dapat mengumpulkan points untuk Private Account ketika sedang melakukan perjalanan dinas untuk Corporate Account.

Keuntungan untuk airline

Airline dapat memastikan kesetiaan perusahaan untuk menggunakan layanan airline tersebut dengan pemberian insentif berupa points. Dan tergantung dari kebijakan airlines terkait, kesetiaan karyawan juga dapat dipastikan dengan sistem Corporate Account ini.

Apakah airline boleh mengadakan kedua macam Corporate Account ini sekaligus?

Airline dapat mengadakan kedua macam Corporate Account ini sekaligus atau bertahap jika segmentasi pasar memungkinkan, misalnya Virgin Atlantic.

Yang perlu diingat adalah, apabila airline memiliki kedua jenis Corporate Account, airline harus dapat menjaga agar perusahaan (member) tidak boleh terdaftar dalam kedua jenis corporate account ini secara bersamaan. Jika perusahaan (member) ingin berpindah dari keanggotaan yang satu ke bentuk yang lain, maka keanggotaan yang sudah ada harus dihentikan dahulu sebelum keanggotaan yang baru dimulai.

Penutup

Airline yang akan mengadakan Corporate Account harus memahami segmentasi pasar dan karakteristik target member (perusahaan) sebelum menentukan bentuk Corporate Account yang akan dibuat. Namun tidak tertutup juga kemungkinan bagi airline untuk mengadakan kedua macam Corporate Account ini secara bersama-sama dengan memberikan branding yang berbeda agar tidak menimbulkan kerancuan bagi member atau calon member.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s