Loyalty Program dan MobilePhone

Saat ini, mobile phone atau telepon seluler tidak dapat dipungkiri telah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan hidup sehari-hari bahkan merupakan kebutuhan pokok bagi orang-orang tertentu. Hal ini tidaklah aneh, mengingat telepon seluler memungkinkan seseorang untuk berhubungan dengan teman, atau kerabat secara lebih mudah dan cepat tanpa harus terbatas pada tempat dan lokasi. Bahkan bukan luar biasa juga jika seseorang menggunakan lebih dari satu telepon seluler.

Aneka ragam telepon seluler dari yang sederhana hingga complex seperti smartphone telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna telepon seluler ini. Dengan semakin berkembangnya teknologi telepon seluler, semakin banyak pihak yang juga memanfaatkan telepon seluler sebagai sarana untuk usaha.

Loyalty Program sebagai salah satu bentuk usaha yang sangat bergantung pada hubungan dengan konsumen juga dapat diuntungkan dengan maraknya pemakaian telepon seluler ini.

Sarana Komunikasi

Informasi (promosi) atau sekedar ucapan selamat tahun baru kepada konsumen sangat penting dalam Loyalty Program.

Telepon Seluler dapat menggeser penggunaan sarana-sarana komunikasi yang sudah ada saat ini seperti surat pos, fax, dan email karena alasan-alasan berikut:

1. cepat, bila dibandingkan dengan surat pos yang membutuhkan waktu minimal satu hari untuk sampai ditujuan.

2. tepat sasaran, bila dibandingkan dengan fax yang kemungkinan terselip

3. aman, tidak perlu mengkhawatirkan virus atau spam seperti pada email

4. efektif, karena kemungkinan akan langsung membaca begitu pesan terkirim, tidak ada penundaan.

Sarana Pengganti Fisik Kartu

Praktik Loyalty Program pada umumnya memberikan kartu keanggotaan pada Konsumen sebagai “tanda”. Seorang konsumen disamping kartu keanggotaannya tentu juga mempunyai kartu lain seperti kartu kredit, kartu ATM, dan juga tidak menutup kemungkinan kartu keanggotaan dari beberapa loyalty program. Hal ini tentu membuat tebal dompet konsumen yang terkadang membuat kesal.

Nomor telepon seluler yang unik dapat dijadikan alternatif pengganti kartu keanggotaan. Jadi konsumen tidak harus membawa kartu keanggotaan tetapi cukup telepon seluler yang memang selalu dibawanya.

Hanya saja untuk solusi ini, loyalty program juga harus bagaimana prosedur jika konsumen kehilangan telepon seluler.

Sebagai catatan tambahan :

nomor unik keanggotaan ini juga dapat menggunakan nomor identitas lain seperti KTP (yang digunakan LAN PASS di Chile) jika memungkinkan.

Sarana Akses Layanan

Akses konsumen melalui internet dapat semakin mudah melalui telepon seluler. Konsumen tidak perlu lagi terikat dengan komputer untuk mengakses website loyalty program. Dan Loyalty Program dapat semakin dekat dengan konsumen.

Perkembangan teknologi juga memungkinkan loyalty program untuk mengembangkan teknologi dari yang sederhana hingga kompleks. Misalnya aplikasi layanan loyalty program untuk Black Berry dan iPhone, aplikasi seperti m-tix untuk pembelian tiket, atau more points untuk penukaran point.

Bagian dari aplikasi berbasis telepon seluler haruslah mencakup:

– cek point balance

– request penawaran point

– update profile

– cek promo-promo terbaru

– registrasi promosi tertentu

– klaim

– dan special untuk airline: check-in, pemilihan tempat duduk.

Akhir kata, melihat besarnya penggunaan telepon seluler saat ini dan semakin berkembangnya teknologi telepon seluler maka telepon seluler merupakan salah satu komponen penting dalam Loyalty Program untuk berkomunikasi dengan konsumen. Bahkan bukan tidak mungkin, telepon seluler akan menggeser popularitas email tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s