Matius 5 : 44

Ini bukan kisah horror!!

Suatu hari, ketika aku sedang sendirian tiba-tiba aku mendengar suara bisikan ditelingaku. Suara yang lembut tetapi tegas dan jelas. Tidak membentak, tetapi juga tidak lemas. Suara yang berwibawa.

Berdoalah untuk orang yang menganiaya kamu!”

Untuk sesaat aku mengira ada hantu – bagaimana pun aku sedang sendirian ketika itu dan tidak ada orang lain disekitarku. Tetapi kemudian aku sadar. Itu bukan hantu tetapi Roh Kudus.

Penasaran aku segera membuka Alkitab dan mencari ayat yang dimaksud. (Karena aku sudah bertekad untuk melupakannya jika tidak dapat menemukan ayatnya)

Ternyata ayat itu ada. “Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” (Matius 5:44)

Bagaimana aku dapat mendoakan tetanggaku yang sombong dengan 4 mobil yang lebih dari kebutuhan dan jarang dipakai tapi selalu dipinggir jalan sehingga membuat sempit jalan? Bolehkah aku berdoa, “Tuhan, ambil mobil-mobilnya sehingga dia tidak punya sesuatu untuk disombongkan.”? Tidak mungkin aku rela berdoa, “Tuhan, tolong berkati tetanggaku supaya mobilnya bertambah banyak lagi.”

Lalu bagaimanakah aku dapat mendoakan pemabuk yang sudah menabrak mobil baruku sampai hancur (padahal mobilku sedang diparkir)?

Rasanya aku ingin berdoa, “Tuhan, cabutnya nyawanya sekarang .. dia sudah menghancurkan mobilku!!! Tidak ada maaf bagi dia !!!”

Memang susah untuk mengasihi dan mendoakan orang yang tidak kita sukai dan kita benci. Teori memang lebih mudah daripada praktiknya. Tapi aku harus terus berjuang. Minimal aku dapat berdoa agar mereka dapat mengenal Roti Hidup melalui orang-orang disekeliling mereka.

Leave a Reply

