Freddie Awards – In Memoriam

Namanya tidaklah dikenal secara umum. Namun untuk sekelompok komunitas yang hidup dan bernafas dari program loyalty airline maupun hotel, nama ini sama pentingnya seperti piala Oscar dan Golden Globe bagi dunia Hollywood dan penggemar film. Nama yang penting ini adalah Freddie Awards, diambil dari nama pendiri Laker Airways yang merupakan perintis penerbangan low cost pada tahun 1970an.


Freddie Awards adalah sebuah ajang penghargaan bergengsi yang diadakan oleh Randy Petersen, publisher Inside Flyer Magazine sekaligus “Guru Besar” Frequent Flyer. Penghargaan ini diberikan berdasarkan beberapa kriteria seperti Program of the Year, Best Award dan Best Bonus Promotion. Selain itu, para peserta juga dibagi berdasarkan wilayah geografis. Para pemenang dikumpulkan berdasarkan hasil voting oleh para anggota program loyalty bukan penyelengara program loyalty.


Sejak diadakan pertama kali tahun 1988, Freddie Award telah menjadi kiblat untuk mengetahui program-program loyalty Frequent Flyer (airline) maupun Frequent Stayer (hotel) yang terbaik menurut suara konsumen sekaligus mendorong para penyelenggara program loyalty untuk terus berinovasi dan memperbaiki program-program yang diadakan. Penghargaan ini telah menjadi ajang persaingan elit bagi penyelenggara program loyalty Frequent Flyer dan Frequent Stayer. Airline dan hotel akan berkampanye meminta para anggotanya untuk mendukung mereka agar dapat menjadi pemenang.


Namun sayangnya setelah diadakan sebanyak 21 kali, Randy Petersen memutuskan untuk menghentikan ajang piala bergengsi ini. Menurut Randy, penghargaan ini menjadi terlalu besar bagi ke-25 orang dalam timnya. Randy juga menolak untuk menjual Freddie Awards pada organisasi lain. Dunia loyalty berduka karena kehilangan arah.


Untuk mengisi kekurangan yang ada setelah Freddie Award dihentikan, Colloquy, sebuah perusahaan Customer Loyalty Marketing yang berkedudukan di Cincinnati – USA, merencanakan untuk mengadakan penghargaan tahunan bagi program loyalty. Berbeda dari Freddie Awards, penghargaan ini akan diperluas hingga retail dan juga perusahaan finance. Selain itu, penghargaan ini tidak diberikan berdasarkan suara voting para anggota program loyalty melainkan berdasarkan kurang lebih 38.000 marketer dan profesional dari industri. Penghargaan pertama dari Colloquy akan diberikan pada bulan September 2010. Selain penghargaan dari Colloquy, juga ada penghargaan dari Global Flight – Airline Business untuk program FFP yang paling inovasi yang diberikan setiap konferensi di bulan Februari.


Freddie Award terakhir diadakan tanggal 23 April 2009 di Fort Lauderdale, Florida. Dengan peserta voting sebanyak 800.000 yang berasal dari lebih dari 200 negara. Berikut adalah para pemegang Freddie Award terakhir tahun 2009😦


Program of the Year

o Americas Airline: Alaska Airlines Mileage Plan

o Americas Hotel: Marriott Rewards

o Europe/Middle East/Africa Airline: Virgin Atlantic Airways Flying Club

o Europe/Middle East/Africa Hotel: Starwood Preferred Guest

o Japan/Pacific/Asia/Australia Airline: Virgin Blue Velocity

o Japan/Pacific/Asia/Australia Hotel: Starwood Preferred Guest

Best Award

o Americas Airline: British Airways Executive Club

o Americas Hotel: InterContinental Hotels Group Priority Club Rewards

o Europe/Middle East/Africa Airline: Virgin Atlantic Airways Flying Club

o Europe/Middle East/Africa Hotel: Hilton HHonors

o Japan/Pacific/Asia/Australia Airline: Virgin Blue Velocity

o Japan/Pacific/Asia/Australia Hotel: Starwood Preferred Guest

Best Bonus Promotion

o Americas Airline: American Airlines AAdvantage

o Americas Hotel: InterContinental Hotels Group Priority Club Rewards

o Europe/Middle East/Africa Airline: Etihad Airways Etihad Guest

o Europe/Middle East/Africa Hotel: Etihad Airways Etihad Guest

o Japan/Pacific/Asia/Australia Airline: Kingfisher Airlines King Club

o Japan/Pacific/Asia/Australia Hotel: Hilton HHonors

Best Member Communications

o Americas Airline: Alaska Airlines Mileage Plan

o Americas Hotel: Marriott Rewards

o Europe/Middle East/Africa Airline: Etihad Airways Etihad Guest

o Europe/Middle East/Africa Hotel: Marriott Rewards

o Japan/Pacific/Asia/Australia Airline: Virgin Blue Velocity

o Japan/Pacific/Asia/Australia Hotel: Starwood Preferred Guest

Best Web Site

o Americas Airline: Alaska Airlines Mileage Plan

o Americas Hotel: Marriott Rewards

o Europe/Middle East/Africa Airline: Etihad Airways Etihad Guest

o Europe/Middle East/Africa Hotel: Starwood Preferred Guest

o Japan/Pacific/Asia/Australia Airline: Virgin Blue Velocity

o Japan/Pacific/Asia/Australia Hotel: Marriott Rewards

Best Award Redemption

o Americas Airline: Southwest Airlines Rapid Rewards

o Americas Hotel: Hilton HHonors

o Europe/Middle East/Africa Airline: Etihad Airways Etihad Guest

o Europe/Middle East/Africa Hotel: Hilton HHonors

o Japan/Pacific/Asia/Australia Airline: Virgin Blue Velocity

o Japan/Pacific/Asia/Australia Hotel: Starwood Preferred Guest

Best Customer Service

o Americas Airline: Midwest Airlines Midwest Miles

o Americas Hotel: Marriott Rewards

o Europe/Middle East/Africa Airline: Virgin Atlantic Airways Flying Club

o Europe/Middle East/Africa Hotel: Hilton HHonors

o Japan/Pacific/Asia/Australia Airline: Kingfisher Airlines King Club

o Japan/Pacific/Asia/Australia Hotel: Hilton HHonors

Best Elite-Level Program

o Americas Airline: Alaska Airlines Mileage Plan

o Americas Hotel: Marriott Rewards

o Europe/Middle East/Africa Airline: Delta Air Lines SkyMiles

o Europe/Middle East/Africa Hotel: Marriott Rewards

o Japan/Pacific/Asia/Australia Airline: Jet Airways JetPrivilege

o Japan/Pacific/Asia/Australia Hotel: Starwood Preferred Guest

Best Affinity Credit Card

o Americas: Starwood Preferred Guest American Express

o Europe/Middle East/Africa: Lufthansa Miles & More Credit Card

o Japan/Pacific/Asia/Australia: Virgin Blue Velocity NAB Gold Card American Express/Visa

Industry Impact Award

o Continental OnePass

o United Mileage Plus


Rick Rasmussen, director of Customer Loyalty and Marketing Programs at Alaska Airlines:

“Through the Freddies, frequent fliers had a platform to voice their opinions about loyalty programs in a very public way.”

“The Freddie Awards have been especially meaningful to us over the years because the recognition comes directly from frequent fliers who know our program and our people best,”

One response to “Freddie Awards – In Memoriam

  1. Pingback: COLLOQUY Loyalty Awards « Loyalty Define

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s