3P dalam Dunia Kerja

Berawal dari curhat seorang kolega kantor yang ditunjuk menjadi project manager untuk sebuah proyek krusial di client.
“Saya merasa tidak pantas untuk penunjukkan ini. Sekarang level saya di kantor hanya staff middle. Namun saya harus berhadapan dengan staf senior dan bahkan general manager atau vp di client.”
Begitu isi curhatan kolega tersebut.
Saya dengan gaya sok tua dan sok tahu memberi nasihat dan ternyata didengarkan oleh kolega tersebut. Sejujurnya saya sendiri tidak mengira bahwa nasihat tersebut ternyata dapat diterapkan juga pada orang lain. Padahal nasihat tersebut diambil dari pengalaman pribadi saya.

Nasihat saya kepada kolega tersebut saya namakan 3P.
Penampilan
Penampilan tidak hanya berarti rapi dan bersih. Tetapi juga pakaian dan gaya yang menunjukkan orang kota tidak kampungan (karena masih banyak orang yang hanya melihat penampilan saja).

Posisi
Posisi adalah bagaimana kita menempatkan diri. Walaupun jabatan kita hanya junior staf, namun jika tidak dapat dihindari dan kita harus berhadapan dengan manager atau bahkan VP, kita harus dapat bersikap seolah kita dilevel yang sama.
Sebagai catatan, hal ini tidak berarti kita boleh durhaka dan membantah atasan karena merasa satu level yah. Ini hanya berlaku jika harus berhadapan dengan client.

Posisi juga berarti kita harus dapat bersikap seolah kita sudah terbiasa membuat keputusan atau memimpin project ratusan milyar. Jika tidak pernah memulai kapan mendapat pengalamannya.

Pengetahuan
Yang terakhir jangan menjadi tong kosong. Pelajari setiap materi yang ada. Scope pekerjaan, bisnis proses, who dan who, politik internal yang ada. Tujuannya adalah agar tidak dikibuli tim project dan client.

Leave a Reply

